Kamis, 16 November 2017

Tata Cara Riasan Pengantin Adat Jawa Paes Ageng Jogja Detail Dengan Aksesorisnya.

Tata Cara Riasan Pengantin Adat Jawa Paes Ageng Jogja Detail Dengan Aksesorisnya

Untuk kali ini kami akan menyuguhkan konsep tutorial atau cara rias pengantin adat jawa dengan tema paes ageng basahan jogja.Disini kami akan memberikan contoh model tahap pertahap dari mulai riasan pertama sampai selesai,selain itu kami juga memberikan atau mengenalkan pada anda semua tentang aksesoris yang dipakai pengantin wanita basahan ini,dengan detai dan kami sertakan juga gambar aksesoris tersebut,untuk mempermudah anda.Mungkin riasan paes ageng jogja ini sangant banyak diminatai oleh kalangan masyarakat kita,bahkan artis ternama juga meminati model paes ageng jawa ini.Nah maksud kami disini akan memberikan pengertian tentang riasan pengantin ini dengan langkah step by setep.Semoga dengan ini anda lebih mengerti dan faham tentang pengantin model paes ageng jogja ini.Silahkan menyimak contoh-contoh yang kami suguhkan dibawah ini.
Pertama kami akan mengenalkan anda dengan tatarias pengantin adat jawa paes ageng dengan beberapa langkah pentingnya saja.


Riasan dimulai dengan pemberian fundacion,di wajah dengan tehnik tebal dan disesuaikan dengan bentuk wajah pengantin.Fungsi pemberian fundacion ini menutupi kulit keriput,bercap hitam dan jerawat.setelah itu lapisi denagn bedak tabur dan padat.

Cara Mengaplikasian Foundation Pada Tata Rias Pengantin

Tahap berikutnya yaitu pembuatan alis pengantin paes ageng adat jawa yang dinamakan  dengan alis menjangan,yaitu alis yang berbentuk cabang seperti tanduk rusa.Alis ini memberikan  riasan khas untuk paes ageng saja.


Selanjutnya riasan tertuju dibagain mata,pemberian aisedo,aisedo disini memberikan kesan indah pada bagian mata,biasanya untuk riasan pengantin penambahan aisedo tempel di perlukan agar terlihat lebih indah.


Berikutnya yaitu penambahan bulu mata pada bagian atas,yang memberi kesan mata lebih terlihat tajam,dan indah dengan penambahan bulu mata ini.

aplikasi bulu mata atas
.Penambahan aplikasi bulu mata bawah juga perlu,untuk menyeimbangkan       bulu mata yang diatas.agar sama sama memiliki bentuk yang senada.

aplikasi bulu mata bawah

Pemolaan atau pengambaran  parada yang digambar dengan arti dan makna tersendiri.Dengan bagian tengah besar dan diapit oleh prada kecil samping kanan dan kiri yang mempunyai makna  tertentu.


Memberikan prada pada pola yang sudah digambar dengan teliti dan  telaten agar tidak belepotan kemana-mana,sesuai dengan pola yang sudah digambar sebelumnya.  


Memberikan hiasan emas di parada,Pemasangan Prada mempunyai tingkat

Pemasangan Prada mempunyai tingkat

Memberikan aplikasi garis pada mata yang memiliki ciri khusus paes ageng


Tahap selanjut nya pemberian liftik penuh dan berpola dibagian bibir.


Pemakaian sanggul tang terbuat dari daunpandan,juga menjadi ciri khas riasan paes ageng.

Sanggul daun pandan

.Penambahan ronce bunga melati yang tersusun indah menambah penampilan riasan semakin cantik dan mempesona.

bunga ronce melati
BUNGA RONCE MELATI

paes ageng jogja
PAES AGENG JOGJA

Paes Ageng Jogja Basahan
PAES AGENG JOGJA BASAHAN

Nah itulah tahap sebagian riasan pengantin paes ageng kas jogja,dengan detail para rias menyelesaikan tugasnya.Semua risan ini mempunyai makna sendiri-sendiri.Sebelum bertugas,para rias pengantin paes ageng ini melaksanakan puasa,bertujuan untuk melancarkan tugasnya,tanpa ada suatu masalah.Selain itu dipercaya akan menambah cantik dan mempesona pengantin.kalau orang jawa menyebutnya dengan manglingi.

Disini kami masih akan memberikan contoh aksesoris yang digunakan oleh pengantin paes ageng.Supaya anda lebih faham dan dimengerti,kami akan memberikan contoh model gambar.

Berikut Model  Aksesoris Pengantin Wanita Paes Ageng Basahan Jogja


cunduk mentul
CUNDUK MENTUL
Cunduk mentul ini dipakai di kepala sebagai hiasan,biasanya untuk paes ageng jogja memiliki cunduk mentul yang berjumlah lima.

gunugan
GUNUGAN
Gunugan ini juga salah satu aksesoris dalam riasan paes ageng,yang diletakkan di kepala.aksesoris ini berbentuk seperti gunung,yang memiliki arti tersendiri.

Genthung
GENTHUNG
Gentung adalah hiasan kepala yang diletakkan bagian depan kanan dan kiri tepat diatas prada.

kelat bahu
KELAT BAHU

Kelat bahu ini berbentuk naga,yang mempunyai makna tersendiri.aksesoris ini dipakai dilengan bagian atas kanan dan kiri.
kalung sungsun
KALUNG SUNGSUN
Kalung sungsun ini bersusun tiga,juga memiliki sebuar arti tersendri.Kalung ini merupakan aksesoris khas paes ageng saja.

suweng
SUWENG
Suweng atau bisa disebut dengan anting-anting,sepasang di pakai kanan dan kiri,memberi kesan lebih sempurna dalam tatarias paes ageng ini.

Gelang









GELANG
Gelang merupakan aksesoris pelengkap riasan paes ageng ini.Gelang ini berbentuk bulat besar tanpa putus.

sandal selop pengantin jawa
SANDAL SELOP PENGANTIN JAWA
Sendal atau alas kakai ini disebut dengan selop,pengantin jawa ,yang memiliki ciri khas dengan warna sesuai baju atau busana pengantin yang dikenakan dengan tambahan payet atau monte diselop tersebut sesuai dengan warna selop.

Demikian yang bisa saya berikan mengenai tatarias pengantin paes ageng basahan  jawa jogja.Dengan aksesorisnya.Semoga dapat memberikan inspirasi dan wawasan yang lebih mengenai riasan diatas.Terimakasih sudah membaca artikel kami diatas semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar